Kamis, 09 Juni 2016

LAPORAN PEELITIAN MASALAH PENGANGGURAN



         
             PENGARUH TINGKAT  PENGANGGURAN TINGGI  TERHADAP
                                             PEMBANGUNAN EKONOMI

                                
                                                         DI SUSUN OLEH :

                                          NAMA : MARIA DEWI ANSKARIATI



                              



                                                       KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmata-Nya saya dapat menyelesaikan proposal penelitian ini yang berjudul “ PENGARUH  TINGKAT PENGANGGURAN TINGGI  TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI “, dengan baik.
Saya menyadari bahwa tulisan saya ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu saran dan kritikan dari para pembaca sangat saya perlukan sebagai motivasi agar saya bisa menulis dengan lebih bagus lagi.
Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih.


                                                                                                                            Penulis










                                                               DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  …………………………………………………………………….. .I

KATA PENGANTAR  …………………………………………………………………… .II

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………… III

BAB I PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG MASALAH …………………………………………………

1.2    RUMUSAN MASALAH ……………………………………………………………

1.3    TUJUAN PENELITIAN ……………………………………………………………

1.4    MANFAAT PENELITIAN …………………………………………………………

BAB II LANDASAN TEORI
   2.1  LANDASAN TEORI ……………………………………………………………….
   2.2  HIPOTESISIS ………………………………………………………………………


                                                                 BAB I
                                                        PENDAHULUAN

1.1   LATAR BELAKANG MASALAH
     
       Seperti yang kita ketahui masalah pengangguran merupakan suatu hal yang biasa terjadi disetiap negara maju maupun negara yang sedang berkembang, akan tetapi masalah pengangguran biasanya terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia.   
Kemajuan teknologi yang kini merambah keseluruh lapisan masyarakat tentunya sangat membantu dalam segala bidang. Salah satu bidang yang diuntungkan dengan adanya kemajuan teknologi ini adalah dalam bidang ekonomi, yang sangat berperan untuk meningkatkan penghasilan perkapita masyarakat. Akan tetapi kemajuan teknologi ini juga membawa dampak buruk, karena seperti yang kita ketahui sekarang alat-alat atau mesin yang lebih canggih telah menggantikan tenaga manusia.
     Pelaksanaan pembangunan ekonomi di Indonesia tentunya meliputi seluruh aspek perekonomian masyarakat, baik masyarakat pedesaan maupun masyarakat perkotaan., dengan tujuan utama untuk meningkatkan taraf hidup dan mensejahterahkan seluruh masyarakat indonesia.
    Dalam melaksanakan pembangunan ekonomi antara satu negara dengan negara lainnya tentulah beda, hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan faktor alam, kualitas sumber daya manusia dan faktor teknologi.

1.2   RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan  uraian latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Apakah yang menjadi masalah pengangguran di Indonesia ?
2.      Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan timbulnya penganguran di Indonesia ?
3.      Apakah pengaruh  atau dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi di indonesia ?



1.3   TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui masalah pengangguran yang ada di Indonesia
2.      Untuk mengetahui faktor-faktor timbulnya pengangguran di Indonesia
3.      Untuk mengetahui apa saja pengaruh atau dampak  pengangguran terhadap pembangunan  ekonomi di indonesia


1.4   MANFAAT PENELITIAN
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, diharapkan mempunyai manfaat bagi para pembaca. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Penelitian ini dihaarpkan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi masalah pengangguran di Indonesia dan pemerintah mampu menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi.
2.      Bagi masyarakat diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kualitas kerjanya dan terus berusaha dalam mencari pekerjaan.








                                                                    BAB II
                                                            PEMBAHASAN

2.1        LANDASAN TEORI
      
    Masalah pengangguran di indonesia
               Pengangguran atau tuna karya adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau suatu kondisi yang muncul karena tidak tersedianya lapangan pekerjaan. Tingginya tingkat pengangguran merupakan salah satu faktor utama rendahnya taraf hidup masyarakat di negara kita, hal ini juga menyebabkan terbatasnya penyerapan sumber daya salah satunya sumber daya manusia. Dibandingkan dengan negara-negara maju pemanfaatan sumber daya di negara-negara berkembang relatif lebih rendah daripada yang dilakukan di negara-negara maju karena buruknya efisiensi dan efektivitas dari penggunaan sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.
           Tugas pemerintah saat inilah adalah memperbaiki pembangunan ekonomi yang semakin rendah. Lebih-lebih pemerintah dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat agar masyarakat dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Pada umumnya pemerintah hanya memperhatikan masalah politik, sehingga kurang memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat. Pembangunan ekonomi tentunya akan membawa dampak-dampak, baik dampak positif maupun yang negatif.
            Tingginya angka pengangguran berpotensi menimbulkan kerawanan berbagai kriminal, gejolak sosial, politik dan kemiskinan. Pengangguran sering kali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang juga, sehingga pendapatan nasional pun akan mengalami penurunan.hal inilah yang harus diperhatikan oleh pemerintah jika tidak ingin masalah pengangguran ini terus berlanjut.
            
                  Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya pengangguran di inonesia
1.      Adanya ketimpangan antara penawaran tenaga kerja dan kebutuhan
2.      Kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat
3.      Rendahnya pendidikan dan keterampilan
4.      Kemalasan


5.      Angkatan kerja  tidak memenuhi persyaratan yang diminta dunia kerja
6.      Penduduk yang relatif banyak
7.      Teknologi yang semakin modern
8.      Ketidakstabilan perekonomian politik dan keamanan negara

Dampak pengangguran terhadap  pembanguanan ekonomi  di Indonesia

·        Pendapatan nasional menurun
Salah satu kompenen pendapatan nasional adalah upah. Orang yang bekerja tentu akan mendapatkan upah, jadi semakin banyak orang yang tidak bekerja maka pendapatan nasional akan menurun dan hal ini juga akan menghambat pembangunan ekonomi.

·        Pendapatan perkapita masyarakat rendah
Semakin banyak orang yang tidak bekerja dan tidak berpenghasilan, semakin berat beban orang yang bekerja. Akibatnya pendapatan perkapita masyarakat pun menjadi rendah sehngga akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan.

·        Produktivitas tenaga kerja rendah
Jumlah kesempatan kerja yang terbatas menyebabkan orang yang bersedia bekerja apa saja walaupun bukan bidangnya. Hal ini akan mengakibatkan produktivitas tenaga kerja menjadi rendah sehingga output yang dihasilkan sebagai sumber pendapatan nasional menjadi turun dan memepengaruhi pelaksanaan pembangunan nasional.

·        Upah yang rendah
Akibat produksi tenaga kerja yang rendah maka upah yang didapatkan juga rendah. Hal ini berdampak pada sisi permintaan dan penawaran.

·        Investasi dan pembentukan modal rendah
Permintaan masyarakat yang rendah ataupun rendahnya tabungan masyarakat sama-sama akan berdampak pada rendahnya investasi yang dilakukan. Kurangnya permintaan masyarakat akan membuat pengusaha enggan untuk berinvestasi dan rendahnya tabungan masyarakat menyebabkan minimnya dana untuk investasi. Hal ini akan menghambat pembangunan nasional.

·        Sumber utama kemiskinan
Salah satu indikator keberhasilan pembangunan  suatu negara adalah berkurangnya jumlah penduduk yang hidupnya miskin. Orang yang mengganggur berarti tidak memiliki pendapatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga mereka hidup dibawah garis kemiskinan seperti perumahan yang tidak layak, kesehatan dan gizi yng buruk, tingkat pendidikan yang rendah atau tidak berpendidikan sama sekali dan lain sebagainya. Kondisi yang demikian akan menghambat pembangunan nasional.

·        Pemborosan sumber daya yang ada
Jumlah pengangguran dan etengah menganggur yang tinggi merupakan pemborosan sumber daya dan potensi yang ada sebab kemampuan yang dimiliki oleh mereka seharusnya menjadi sumbangan besar bagi pelaksanaan pembangunan. Namun yang terjadi adalah sebaliknya dan menganggur mereka tidak dapat menhasilkan apa-apa.

Pengangguran dapat dihambat pertumbuhannya dengan melakukan tindakan-tindakan dibawah ini :
·        Memperluas dan membuka lapangan pekerjaan
·        Menciptakan pengusaha-pengusaha baru
·        Mengadakan bimbingan, penyuluhan, dan keterampilan  tenaga kerja
·        Segera melakukan pembenahan,pembangunan dan pengembangan kawasan-kawasan, terlebih khusus daerah yang tertinggal dan terpencil
·        Segera memindahkan kelebihan tenaga kerja dari tembat dan sektor yang kelebihan ke tempat atau sektor ekonomi yang kekurangan

2.2        HIPOTESIS

Berdasarkan paparan landasan teoritis diatas, maka hipotesis yang dapat diambil
adalah :
   Pengangguran berpengaruh significan terhadap pembangunan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar